Blogger templates

Mengenal Tanda Baca dalam Teks Deskripsi_ Materi Bahasa Indonesia Kelas VII_SMP_Kurikulum Merdeka_




Sebutkan dan jelaskan tanda baca dalam teks deskripsi! 

 sebuah penulisan teks, pastilah membutuhkan penggunaan kaidah ejaan seperti tanda baca dengan tepat. Dua jenis tanda baca yang umumnya dipakai dalam teks deskripsi, yaitu tanda titik (.) dan koma (,). Tanda baca lain mungkin pula dipakai dalam teks deskripsi, tetapi kemunculannya umumnya tidak sesering tanda titik (.) dan tanda koma (,)

Tujuan Teks Deskripsi

Apa sih tujuan dibuatnya teks deskripsi? Menurut Utorodewo (2007), tujuan teks deskripsi adalah untuk menggambarkan bentuk objek pengamatansifatnyarasanya, atau coraknya dengan mengandalkan pancaindra dalam proses penguraiannya.

 

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Teks deskripsi dapat diidentifikasi dari segi tujuan, objek, dan isi teksnya. Supaya jelas, simak pembahasannya di bawah ini, ya!

1. Ciri Teks Deskripsi dari Segi Tujuan

Dari segi tujuan, teks deskripsi dibuat untuk menggambarkan objek serinci dan selengkap mungkin dari sudut pandang penulis. Dengan begitu, pembaca bisa membayangkan objek tersebut seolah-olah mengalaminya sendiri. Itu sebabnya, teks deskripsi melibatkan 5 kesan atau panca indera dari penulisnya. Melihat, mendengar, mengecap, merasa, dan mencium.

 

2. Ciri Teks Deskripsi dari Segi Objek

Ciri objek yang digambarkan pada teks deskripsi bersifat khusus, individual dan personal. Artinya, hasil pengamatan objek yang dideskripsikan bisa jadi berbeda meskipun jenisnya sama. Contoh, ketika menulis teks deskripsi tentang tempat wisata, kamu menggambarkan tempat tersebut terlalu ramai dan sesak. Namun, bisa saja temanmu menggambarkan tempat tadi sebagai objek wisata yang seru untuk dikunjungi beramai-ramai.




ciri-ciri-teks-deskripsi




Referensi:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


Post a Comment

0 Comments